Selasa, 28 Juli 2020

Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd.: Motivasi untuk Berprestasi




RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-25: Senin, 27 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd
Tema: Motivasi Berprestasi
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam Bapak/Ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Semoga selalu sehat dan bahagia. Saya akan membagikan hasil resume dari Kegiatan Belajar Menulis bareng Omjay, PGRI, dan Penerbit Andi. Narasumber kali ini yaitu Bapak Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd dengan materi motivasi berprestasi. Pak Sigit Suryono adalah Guru SMP Negeri 1 Wonosari Gunungkidul, DIY.

Sukses dan berprestasi adalah impian hampir satiap orang. Untuk menjadi sukses mungkin bisa kita dapatkan jika kita gigih dalam bekerja. Namun, untuk sukses sekaligus berprestasi memerlukan usaha dan kerja keras yang maksimal. Seperti narasumber Pak Sigit, beliau telah mencapai kesuksesan dan berprestasi dalam berkarir. Di balik kesuksesan dan prestasinya yang luar biasa itu, beliau telah mengalami proses yang sangat panjang. Untuk itu, mari kita simak CV beliau berikut ini.


Setelah membaca CV Pak Sigit, tentu yang ada di pikiran saya yaitu begitu banyak prestasi yang beliau raih selama ini. Perjuangan beliau pun tidak ada yang sia-sia. Berkat semangatnya untuk berprestasi, beliau bisa mendapatkan semua itu. Kemudian beliau membagikan pengalaman untuk mencapai prestasinya.

Sejarah untuk Berprestasi

Kata beliau, untuk bisa berprestasi seperti yang beliau capai saat ini, berawal dari proses perjalanan pendidikan di SD. Saat itu beliau merupakan juara 1 dari kelas 1 sampai ke 6 di Raport. Namun hal yang sangat ingin beliau cita-citakan tidak terkabul yaitu ingin mengikuti lomba cerdas cermat tingkat kecamatan. Setiap sekolah dipilih 3 orang siswa terbaik yang akan dikirim ke lomba tersebut, saat beliau kelas 4 teman-teman yang terpilih untuk mengikuti lomba adalah siswa kelas 5. Dan saat beliau kelas 5 yang dikirim oleh sekolah untuk maju lomba CCA adalah siswa kelas 6 namun saat beliau kelas 6 yang dikirim oleh sekolah untuk lomba CCA adalah siswa kelas 5 maka pupus sudah harapan untuk ikut lomba yang beliau idam-idamkan.

Untuk jenjang setelah SD tidak ada yang bisa beliau banggakan karena saat di SMP peringkat kelas beliau di kisaran 41, 39, 35, dan terbaik hanya 24 dari 44 siswa dalam kelas itupun di sekolah beliau ada 10 kelas sehingga di SMP beliau tidak bisa berbuat banyak dan tenggelam. Demikian juga saat di SMA maupun saat kuliah S1 tidak ada perubahan berarti yang beliau alami.

Di SMA beliau merupakan salah satu orang yang menarik diri dari pergaulan. Beliau masuk S1 pada tahun 1995. Dan baru di S1 beliau mulai tumbuh percaya diri untuk ikut organisasi di kampus. Sebagai pengurus HMJ Fisika UNY dan selanjutnya menjadi Pengurus Senat Fakultas FPMIPA UNY untuk seksi bakat dan minat. Karena asyiknya menjadi pengurus senat beliau hampir DO saat S1 7 tahun beliau tempuh untuk menyelesaikan kuliah sampai tidak berani untuk mengikuti pelepasan wisuda di Fakultas, dan hanya mengikuti Wisuda terus pulang ke rumah. Selanjutnya beliau melanjutkan S2 di UNY mengambil jurusan Teknologi Pembelajaran dan lulus 2006.

Perjalanan sekolah beliau itulah sebenarnya yang memunculkan motivasi berprestasi yang beliau miliki sampai saat ini. Untuk menjadi orang yang berprestasi yang beliau pegang adalah kata-kata mutiara dari orang tua beliau. Ibu beliau adalah pensiunan guru SD demikian juga ayah. Mereka mendidik dengan sangat santun dan sangat baik yang beliau rasakan saat beliau jatuh mereka ada di dekat beliau, merengkuh dengan sepenuh hati dengan tetes mata dan doa mereka. Saat beliau Berhasil mereka pulalah yang selalu mengingatkan untuk terus berjuang dan belajar karena semua yang kita peroleh saat ini hanya fana dan akan segera berlalu saat even tersebut berakhir.

Motivasi Berprestasi

"Menang cacak kalah cacak" ini adalah mutiara kata dari ibu yang beliau pegang saat ini. Saat kita ada kesempatan untuk mengikuti suatu lomba, atau suatu kegiatan maka lakukanlah dengan maksimal seolah-olah tidak ada lomba lagi setelah itu masalah menang atau kalah, sukses atau gagal itu hal yang biasa dalam perlombaan. Maka dari itu setiap beliau mengikuti berbagai event baik itu tingkat kabupaten, propinsi, maupun nasional pasti akan beliau lakukan dengan sepenuh hati dan fokus.

Jadi kunci keberhasilan kita adalah kita fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan sepenuh hati. Arti dari fokus ini adalah kita harus bisa memilah dan memilih jenis kegiatan atau prestasi apa yang ingin kita raih. Jangan karena kesempatan semua ingin kita ikuti yang terjadi adalah kita tidak fokus pada lomba atau kegiatan yang kita ikuti tetapi pikiran dan kesempatan kita akan terbagai dengan berbagai event.

Beliau mengetakan seperti itu karena pengalaman mengikuti berbagai ajang lomba di awal yang mengikuti event-event. Beliau pernah dalam satu kesempatan mengikuti dua sampai tiga ajang lomba yang pada akhirnya gagal semuanya dan itupun berlulang kali terjadi dari tahun 2008 beliau ikut pertama lomba tingkat nasional dan baru bisa berhasil pada tahun 2015 itupun akhirnya beliau tau bahwa kita harus mengikuti ajang lomba maupun prestasi yang lain dengan menentukan target dan juga selalu mengevaluasi apa yang kita lakukan.

Bagi Bapak ibu yang ingin berpestasi 1) Belajarlah terus sepanjang hanyat dan selalu mengevaluasi apa yang kita lakukan. 2) Tidak usah khawatir kalah dalam perjuangan, karena kalah adalah prestasi yang tertunda. 3. Fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan berbuat maksimal insya Allah prestasi bapak ibu tinggal menunggu di depan mata.

Kemudian bapak ibu: untuk mencapai prestasi yang maksimal maka pelajarilah seluruh gaya selingkung masing-masing jenis lomba dengan detail dan persiapkan seksama jangan terburu-buru, siapkan dan luangkan waktu untuk kegaitan tersebut. Buat tampilan dan karya yang semenarik mungkin pasti akan berhasil. Terus jangan lupa siapkan  portofolio kita dengan seksama sehingga akan memudahkan kita dalam mengikuti berbagai jenis event lomba. Sukses selalu buat bapak ibu hebat di group ini semoga kelak menjadi orang-orang yang hebat dan bisa menginspirasi teman-teman yang lain.

Tips Berprestasi

Untuk ajang prestasi yang paling utama yang beliau raih adalah menjadi Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional pada tahun 2015. Untuk meraih kejuaran tersebut ini tips yang beliau lakukan:

  1. Cari Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi pada tahun penyelenggaraan dilaksanakan jika belum keluar pedomannya dapat menggunakan pedoman pada tahun sebelumnya.
  2. Cermati isi dari pedoman tersebut berkaitan dengan proses penilaian dari tingkat Kabupaten, Tingkat propinsi, dan tingkat Nasional.
  3. Buat portofolio 8 tahun terakhir sesuai dengan ketentuan dari buku pedoman pemilihan guru berprestasi.[ kumpulkan semua karya bapak ibu guru yang sudah dibuat selama 8 tahun terakhir, untuk bukti fisik berupa Surat tugas, piagam, dll, diligalisir oleh atasan langsung]
  4. Persiapkan naskah inovatif dan sesuaikan cara penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan masing-masing karya. Tampilkan karya inovasi terbaik yang bapak/ ibu guru miliki dan selalu memperhatikan dari buku pedoman pemilihan guru berprestasi tingkat nasional.[ karya bisa berupa PTK, best practice, maupun penelitian yang lainnya seperti penelitian eksperimen, penelitian R&D, dll] jangan lupa buat presentasinya menggunakan Ms Powerpoint atau yang lainnya.
  5. Buat makalah evaluasi diri mengapa saya layak sebagai guru berprestasi dengan tema dan tata penulisan sesuai dengan ketentuan pedoman guru berprestasi. [ jika dalam pedoman tidak ada makalah evaluasi diri maka makalah ini tidak perlu dibuat]

Kesimpulannya adalah:

Kunci keberhasilan kita adalah kita fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan sepenuh hati. Arti dari fokus ini adalah kita harus bisa memilah dan memilih jenis kegiatan atau prestasi apa yang ingin kita raih. Jangan karena kesempatan semua ingin kita ikuti yang terjadi adalah kita tidak fokus pada lomba atau kegiatan yang kita ikuti tetapi pikiran dan kesempatan kita akan terbagai dengan berbagai event.

Terima kasih Pak Sigit atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.


Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng
Blog: http://aniksudarwati22.blogspot.com/

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2



Selamat pagi anak-anak, semoga kalian tetap sehat dan bahagia hari ini. Sebelum belajar silakan anak-anak berdoa dulu. Semangat ya anak-anak...mari kita belajar 👍👍

Untuk literasi bacalah materi yang kemarin.

Hari ini Selasa, 28 Juli 2020. Kita akan belajar PPKn, SBdP, dan Matematika.
  • SBdP
Materi: Membuat patung
Kalian telah belajar tentang cara menyelamatkan hewan dan tumbuhan. Agar kalian lebih menyayangi hewan yang ada di sekitar kalian, maka..buatlah patung hewan menggunakan bahan tanah liat. Nanti kalian foto prosesnya dan kirim ke wa bu guru.

  • PPKn
Materi: Penerapan Nilai-nilai Pancasila.
Anak-anak ingatlah nilai-nilai pancasila yang telah kalian pelajari sebelumnya. Sekarang, coba kalian tuliskan contoh penerapan sila kesatu sampai kelima. Masing-masing 2 contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tulis di buku tugasmu!


  • Matematika
Materi: Sifat-sifat operasi hitung.
Anak-anak, coba kalian pahami materi di bawah ini, kemudian catat di buku tugas kalian ya.




Sekian dulu materi dari bu guru.
Selamat belajar ya anak-anak, tetap semangat agar sukses di masa depan dalam menggapai cita-cita.

Jadilah anak yang berbudi pekerti luhur, serta tetap hormat pada orang tua dan guru di sekolah.




Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Senin, 27 Juli 2020

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1


Selamat pagi anak-anak yang bu guru banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar, silakan kalian berdoa terlebih dahulu.


Untuk literasi kalian dapat membaca tentang manfaat tumbuhan dan hewan bagi makhluk hidup.


Hari ini Senin, 27 Juli 2020 kita akan belajar pada subtema 3 ini temanya tentang Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan. Bu guru akan memberikan materi tematik dalam pelajaran IPA, Bahasa Indonesia dan IPS.
  • IPA
Materi: PELESTARIAN HEWAN
Ayo anak-anak kalian amati gambar di bawah ini.

Sumber: sains.kompas.com
Sumber: properti.kompas.com

Dari kedua gambar di atas, apa yang terjadi dengan hutan apabila dijadikan perkotaan?
Lalu bagaimana dengan nasib hewan-hewan yang hidup di hutan?
Di mana hewan-hewan tersebut akan tinggal jika hutan telah musnah?
Bagaimana pengaruhnya terhadapa kehidupan manusia, jika seluruh pohon dan hutan di bumi habis?

Manusia memerlukan hewan dan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Maka dari itu, manusia harus menjaga kelestariannya agar tidak mengalami kepunahan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kepuhanan/kelangkaan yaitu:
  1. penggunaan hewan dan tumbuhan yang berlebihan
  2. perburuan dan penangkapan liar
  3. penebangan pohon secara liar utnuk kepentingan manusia
  4. bencana alam
Cara pelestarian hewan agar tidak punah:
  1. Pelestarian in situ yaitu pelestarian yang dilakukan pada tempat asli hewan atau tumbuhan tersebut berada. Contoh: cagar alam, suaka marga satwa, hutan lindung, dan taman nasional.
  2. Pelestarian ex situ yaitu pelestarian yang dilakukan di luar tempat tinggal aslinya. Pelestarian ex situ dilakukan sebagai uapaya rehabilitasi, penangkaran, dan pembiakan hewan/tumbuhan langka. Contoh: kebun bitani, taman safari, kebun binatang, penangkaran.
Coba kalian cari contoh hewan dan tumbuhan yang sudah mengalami kelangkaan. Kerjakan di buku tugasmu.
  • Bahasa Indonesia
Anak-anak kalian di pertemuan sebelumnya sudah belajar tentang cara menyimpulkan isi bacaan. Untuk mengingat kembali kerjakan soal di bawah ini.
Soal:
Jelaskan cara menyimpulkan isi bacaan!
  • IPS
Nah, anak-anak..pada subtema 1 kalian belajar kondisi sosial negara ASEAN, subtema 2 kalian belajar keadaan ekonomi negara ASEAN. Subtema 3 kalian akan belajar tentang keadaan politik negara ASEAN. Ingat ya anak-anak bahwa jumlah anggora ASEAN ada 10 negara.
Berikut ini kondisi politik negara ASEAN.(baca saja tidak usah ditulis)


Tugas kalian:


Sekian dulu kita belajar hari ini anak-anak. Tetap semangat 👍


Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.

Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊




Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Sabtu, 25 Juli 2020

LUKMAN HAKIM: MENGUBAH PTK MENJADI BUKU


RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-23: Rabu, 22 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Lukman Hakim
Tema: Mengubah PTK Menjadi Buku
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam Bapak/Ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Senang sekali malam ini saya bisa mengikuti Kegiatan Belajar Menulis bareng Omjay dkk, PGRI, serta didukung oleh Penerbit Andi. Seperti biasa setelah selesai mengikuti kegiatan ini, saya akan membagikan hasil ilmu yang saya peroleh. Kegiatan malam ini dibuka oleh Omjay dan dilanjutkan Bu Kanjeng selaku moderator. Narasumber Bapak Lukman Hakim dari Jawa Timur. Beliau akan menyampaikan materi tentang "Mengubah PTK Menjadi Buku".

Pak Lukman mendedikasikan diri kepada pengembangan diri guru, mulai Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif. Maka dari itu beliau memiliki beberapa lembaga yang mendukung pengembangan diri guru, antara lain:
  1. Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur: sebagai wadah pelatihan pengembangan diri
  2. Penerbit Delta Pustaka: sebagai wadah Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
  3. Jurnal Inovasi Pembelajaran: sebagai wadah Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
Selain memiliki beberapa lembaga tersebut, Pak Lukman juga menggagas beberapa pelatihan antara lain:
  1. Nulis PTK bareng, pada pelatihan ini Pak Lukman megupas materi mulai pembuatan proposal PTK sampai menjadi buku, semua materi ini dapat kita simak melalui youtube Pak Lukman yaitu https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpeLCJGss9e9a550vAVcirW . 
  2. PTK jadi Buku, pada pelatihan ini PTK yang sudah jadi dari hasil pelatihan 1 kemudian diubah menjadi buku referensi atau buku pendidikan. Materi ini dapat disimak melalui https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHr8y3lCtWJm0r_0DhNTypnJ. Kata Pak Lukman sudah ada angkatan 2 yang bisa menghasilkan 90 karya buku pendidikan atau buku referensi berISBN yang diterbitkan oleh Delta Pustaka.
  3. Selanjutnya Pak Lukman juga menggagas pelatihan Quick Writing Series, pelatihan ini untuk para guru yang tidak menulis PTK dan PTK jadi Buku. QWS  Materi ini dapat disimak melalui channel youtube https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHreRS-xkH5HLeNk-TTnn55f
  4. Pada masa pandemi ini, Pak Lukman membuat pelatihan Nulis Modul Bareng yang dapat kita simak melalui channel youtube Pak Lukman yang ini https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V
Bapak/Ibu semua, kita juga bisa membaca semua tulisan Pak Luman melalui blog dan juga youtube http://kelaskuonline.id/ dan https://www.youtube.com/channel/UCRSNsd3kVms_bneVKetRW7g

Pada akhir kegiatan, Pak Lukman memberikan tiga buku secara gratis kepada kami yaitu buku PTK yang diubah menjadi buku tentang Mind Map, buku Tesis jadi buku, dan buku Catatan Harian Seorang Guru.

Cara membuat buku catatan harian guru adalah dengan membuat outline sederhanan yang berisi pendahuluan, isi, dan penutup. 
  • Pendahuluan berisi pengalaman menarik dalam aktivitas sebagai guru.
  • Isi berisi kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi.
  • Penutup berisi hal-hal yang dapat diambil pelajarannya oleh pembaca.
Berikut ini contoh hasil karya Pak Lukman:






Untuk membuat PTK menjadi buku, kalau di Penerbit Delta Pustaka miniman 80 halaman dengan tujuan agar punggung bukunya kelihatan. PTK yang lengkap dengan lampirannya pun Pak Lukman pernah menulis sampai 150 halaman.

LKS juga bisa dibukukan, tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid. LKS yang akan dibukukan, apabila bukunya sudah berISBN dan berjilid, maka tidak perlu ada validasi dari Dinas Pendidikan.

PTK yang sudah diajukan untuk kenaikan pangkat, apabila ingin dibukukan juga sangat bisa. Maka buku dari PTK itu pun akan dapat angka kredit lagi.

Tentang QWS jika dijadikan buku dan antar bab tulisannya berbeda dengan tema kata Pak Lukman juga bisa karena QWS itu beliau buat konsep bebas jadi tidak ada aturan bahwa tulisan harus runtut. 

Nah, tips agar tulisan kita bisa bagus menurut Pak Lukman, menulis itu masalah rasa, dan rasa tidak akan dipengaruhi oleh latar belakang. Seperti Pak Lukman yang orang fisika dan tidak ada background bahasa sama sekali. Tetapi beliau mempunyai kekhasan yaitu menulis santai dan serius. Kemudian siapapun yang belajar menulis dan terus menulis, maka akan menemukan gaya menulis. Maka dari itu, mulailah menabung tulisan dari sekarang agar tulisan itu bisa dibukukan.

Kesimpulannya:

Menulis adalah tentang rasa, percayakan diri kita untuk tetap menulis. Menulislah dengan gaya tulisan yang kita kuasai agar menjadi tulisan yang bagus dan enak dinikmati oleh pembaca.


Terima kasih Pak Lukman atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.


Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng
Blog: http://aniksudarwati22.blogspot.com/

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 6


Selamat pagi anak-anak yang bu guru banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar, silakan kalian berdoa terlebih dahulu.

Untuk literasi kalian baca materi Bahasa Indonesia tentang membuat kesimpulan dari teks yang dibaca.

Hari ini Sabtu, 25 Juli 2020 bu guru akan memberikan materi tematik dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn.
  • Bahasa Indonesia
Materi: MEMBUAT KESIMPULAN DARI TEKS YANG DIBACA
Kesimpulan adalah inti sari dari sebuah bacaan. 
Bacalah teks di bawah ini.


Soal: Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar, tulis di buku tugasmu!
Tentukan informasi penting dan kesimpulan yang terdapat pada teks bacaan di atas!
  • PPKn
Bacalah kemudian catatlah materi di bawah ini taruh di buku tugasmu ya anak-anak.

Materi: PENERAPAN SILA KEEMPAT DAN KELIMA PANCASILA
Contoh penerapan sila keempat dari Pancasila yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Melakukan musyawarah untuk membuat keputusan bersama.
  2. Tidak memaksakan kehendak saat bermusyawarah.
  3. Mengembangkan suasana kekeluargaan dalam musyawarah.
  4. Melaksanakan rapat untuk membuat keputusan.
Contoh penerapan sila kelima dari Pancasila yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
  2. Suka memberikan pertolongan
  3. Tidak boros
  4. Tidak bergaya hidup mewah
  5. Suka bekerja keras
  6. Menghargai hasil karya orang lain.
Sekian dulu materi dari bu guru hari ini.

Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.

Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊




Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02
Blog: https://aniksudarwati22.blogspot.com/


Jumat, 24 Juli 2020

SRI MELNI: MENULIS SAMBIL TERSENYUM DAN SEMUDAH BICARA



RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-24: Jumat, 24 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Sri Melni
Tema: Berbagi Pengalaman dalam Menulis
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam Bapak/Ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Senang sekali malam ini saya bisa mengikuti Kegiatan Belajar Menulis bareng Omjay dkk, PGRI, serta didukung oleh Penerbit Andi. Seperti biasa setelah selesai mengikuti kegiatan ini, saya akan membagikan hasil ilmu yang saya peroleh. Kegiatan malam ini dibuka oleh Omjay dan dilanjutkan Bu Kanjeng selaku moderator. Narasumber Ibu Sri Melni dari Sumbar. Beliau akan membagi pengalamannya dalam menulis menggunakan aplikasi "Writer Plus".

Bu Melni memperkenalkan diri terlebih dahulu. Beliau adalah Guru TIK SMPN 1 Gunung Talang. Beliau lahir di Nagari Koto Gadang Guguk Solok, 11 Mei 1976. Beliau aktif sebagai penggiat liteasi di Sumbar khusnya Kab.Solok. Selain menjadi guru juga aktif di organisasi Bundo Kanduang dan tim 11 RPJM Nagari.


Aplikasi Writer Plus ini dapat kita unduh melalui playstore. Ketika sudah terunduh dan kita buka aplikasinya, maka akan kita dapatkan tampilan yang seperti di bawah ini.


Nah, setelah kita dapatkan tampilan seperti itu 👆, langkah selanjutnya adalah kita klik tanda + yang ada di dalam lingkaran warna toska letaknya di sudut kanan bawah. Tanda tersebut fungsinya adalah untuk mengarahkan kita menulis di aplikasi writer plus. Selanjutnya akan muncul tampilan dengan kata have something to say dan ada tanda mikrophon di keyboard. Pada tahap ini, biasanya tampilan akan berbeda-beda menyesuaikan HP, karena keyboard pada HP tampilannya tidak sama. Jadi ada yang langsung tampak tombol mikrophonnya, ada yang harus mengaturnya dulu. Seperti HP punya saya, awalnya tampilannya tidak muncul tombol mikrophon.
 kemudian saya atur dengan menekan lama tombol samping koma, akan ada pilihan seperti ini 

lalu saya pilih Indonesia dengan tulisan tangan

seperti di bawah ini hasilnya,

Nah, itu sudah muncul tombol mikrophonnya. Kita tekan lama tombol mikrophon, lalu kita berbicara, nanti otomatis suara kita akan menjadi tulisan. Misalnya saya ucapkan kata selamat malam,

Kemudian kita klik tanda garis tiga, nanti akan berubah jadi titik tiga, di situ ada tulisan share yang bisa kita pilih untuk membagi tulisan kita. Setelah kita klik share, maka muncul pilihan 

Kita bisa membagi tulisan dalam bentuk teks, file, dan juga foto. Berikut ini contoh tulisan saya tadi yang saya kirim ke WA dalam bentuk teks file dan foto.



Dengan aplikasi ini, kita menjadi lebih mudah dalam menulis. Menulis menjadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus di depan laptop. Karena dengan kita berbicara saja melalui aplikasi itu, kita sudah bisa menghasilkan banyak tulisan. Tulisan itu pun bisa kita pindahkan ke laptop. Artinya menulis sambil tersenyum dan semudah berbicara.

Aplikasi ini sangat mudah penggunaannya, karena ketika kita sedang berpergian dan di situ kita mendapatkan ide, maka kita bisa segera menuliskan ide tersebut tanpa menunggu waktu yang lama.

Materi malam ini sungguh bermanfaat untuk mendukung kita dalam dunia menulis. Semoga ke depan kita bisa mempraktikkannya dan bisa menulis setiap hari. Ketika menulis menjadi semudah berbicara, di situ terasa menyenangkan.

Kesimpulannya:

Menulis mudah seperti berbicara dengan menggunakan aplikasi writer plus untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Keuntungannya kita tidak harus punya waktu tersendiri dalam menulis. Segeralah tulis apa yang ada di pikiran kita.

Terima kasih Ibu Melni atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.

Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng
Blog: http://aniksudarwati22.blogspot.com/


MATERI TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5



Selamat malam anak-anak, semoga kalian tetap sehat dan semangat belajarnya. Maaf hari ini kita belajar malam, karena tadi ada banyak kegiatan di sekolah.

Sebelum belajar mari berdoa terlebih dahulu, untuk literasi kalian dapat membaca materi yang kemarin.

Hari ini Jumat, 24 Juli 2020 kita akan belajar tematik yang di dalamnya ada materi IPS, SBdP, dan Matematika.
  • IPS
Materi: KEGIATAN EKONOMI NEGARA ASEAN.

Bacalah materi di bawah ini. 



Setelah membaca materi, Tugas kalian: Kerjakan soal di bawah ini dengan sungguh-sungguh. Tulis dan buat tabel seperti di bawah ini buat di buku tugasmu!

  • SBdP
  1. Materi: JENIS PATUNG DILIHAT DARI FUNGSINYA

Bacalah materi di bawah ini. 


Tugas kalian: Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
  1. Jelaskan tentang patung monumen jika dilihat dari fungsinya!
  2. Jelaskan tentang patung sebagai lambang pemujaan jika dilihat dari fungsinya!
  3. Jelaskan tentang patung miniatur jika dilihat dari fungsinya!
  4. Jelaskan tentang patung dekorasi jika dilihat dari fungsinya!
  • Matematika
Materi: OPERASI HITUNG CAMPURAN
Operasi hitung campuran adalah operasi hitung yang melibatkan dua atau lebih operasi hitung. 
Ada aturan dalam pengerjaan operasi hitung campuran.

Pelajari dan Tulislah ATURAN PENGERJAAN OPERASI HITUNG CAMPURAN DI BAWAH INI!


Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.

Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02
Blog: 
https://aniksudarwati22.blogspot.com/

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF