Rabu, 29 Juli 2020

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3


Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Sumber: aladokter.com


Selamat pagi anak-anak yang bu guru banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar, silakan kalian berdoa terlebih dahulu.


Untuk literasi kalian dapat membaca tentang manfaat tumbuhan dan hewan bagi makhluk hidup.

Anak-anak yang bu guru sayangi, yuk kita mulai belajar. Hari ini Rabu, 29 Juli 2020 bu guru akan memberikan materi tematik dalam pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, dan tambahan mupel Bahasa Jawa.
  • IPA
Coba kalian ingat, kalian telah belajar tentang pentingnya melestarikan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan perlu dilestarikan agar tidak punah. Apa yang telah kalian lakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan? Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan adalah dengan MEMBUAT POSTER TENTANG PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN. 

POSTER merupakan karya seni dengan komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar serta berisi pesan-pesan tertentu. Poster menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tulisannya singkat dan jelas. Tujuannya untuk menghimbau, mengajak, membujuk masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Contoh Poster

Sumber: gramho.com

Sumber: koleksigambarposter.blogspot.com

Sumber: mikirbae.com

Tugas kalian: buatlah poster tentang pelestarian hewan dan tumbuhan langka. Boleh ambil salah satu dari contoh di atas, atau kalian buat sendiri juga boleh.
  • Bahasa Indonesia
Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat besar pengaruhnya bagi kelangsungan ekosistem dunia. Ketika ilmu pengetahuan sudah sangat maju dan berkembang peranan tumbuhan tetap tidak tergantikan. Ilmu pengetahuan tentang tumbuhan tetap pesat berkembang sehingga banyak bagian tubuh tumbuhan yang dipelajari dan dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat. Sayangnya kini jumlah tumbuhan (hutan) sudah mulai berkurang. Akibatnya berbagai dampak kehidupan sosial ekonomi hingga perubahan iklim yang berdampak pada pemanasan global (Global Warming) yang diakibatkan berkurangnya jumlah tumbuhan di alam.

Keberadaan tumbuhan dalam mendukung segala aspek kehidupan manusia, hewan dan lingkungan hidup sangat ditentukan pada tinggi rendahnya kesadaran manusia akan arti penting tumbuhan di dalam pemanfaatan dan pengelolaannya. Pemanfaatan tumbuhan apabila dilakukan sesuai dengan fungsinya, seperti adanya fungsi lindung, fungsi suaka, fungsi produksi, fungsi wisata dengan ukungan kemampuan pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, akan sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Sayangnya, karena keserakahan manusia, keberadaan tumbuhan kini berkurang. Populasi tumbuhan di bumi sudah sangat sedikit.

Tumbuhan tidak saja berfungsi sebagai sumber makanan, namun tumbuhan juga bermanfaat bagi lingkungan. Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita. Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup lainya antara lain sebagai berikut.




Tugas kalian adalah:

Buatlah kesimpulan dari teks di atas yang telah kalian baca. Cara membuat kesimpulan jika pada teks itu ada 3 paragraf, berarti kesimpulan harus mencakup 3 paragraf tersebut. 


  • Bahasa Jawa
Anak-anak untuk Bahasa Jawa kalian baca materi minggu kemarin. Agar lebih paham.
yang lupa link nya ini bu guru berikan lagi. (hanya dibaca dan tidak usah ditulis)
Upacara Tingkeban

Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.


Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊




Anik Sudarwati, S.Pd.

Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

9 komentar:

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF