Selasa, 19 Januari 2021

MATERI KELAS 6 TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMEBELAJARAN 2

 


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi anak-anak yang bu guru sayangi dan banggakan...semoga kalian semua sehat dan selalu ceria meraih masa depan.😊😊

Sebelum memulai pelajaran yuk kita berdoa dahulu lalu nanti anak-anak mengisi absen melalui grup WA ya.

Mari anak-anak kita menyanyikan lagu Indonesia Raya agar kalian selalu cinta dan menghargai Bangsa Indonesia.


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=5rX1EF_VzeE

Marilah anak-anak kita mulai belajar Matematika terlebih dahulu ya.

Materi menyederhanakan dan mengurutkan pecahan.

A. Menyederhanakan Pecahan

Dalam menyederhanakan pecahan yang pertama kita dapat membagi pecahan tersebut dengan bilangan yang sama yang bisa digunakan untuk membagi pembilang dan penyebut sehingga sampai diperoleh pecahan paling sederhana. 

Contoh:

Tentukan pecahan paling sederhana dari 50/100.

Maka antara pembilang dan penyebut kalian bagi dengan bilangan yang sama.



Jadi pecahan paling sederhana dari 50/100 adalah 1/2.

Nah, yang kedua cara cepat menyederhanakan pecahan adalah dengan membagi pembilang dan penyebut pecahan tersebut dengan FPB dari pembilang dan penyebutnya. Jadi, anak-anak harus mencari FPB dari pembilang dan penyebut pecahan tersebut, jika sudah ditemukan FPBnya, maka gunakan FPB itu untuk membagi pecahan yang akan disederhanakan tadi. Nanti akan langsung ditemukan hasil pecahan yang paling sederhana.

Contoh:

Tentukan pecahan paling sederhana dari 50/100.

Nah, FPB dari 50 dan 100 adalah 50. Maka, kita bagi pecahan tersebut dengan bilangan 50 (FPBnya).

Jadi pecahan paling sederhana dari 50/100 adalah 1/2.

Bagaimana? mudahkan anak-anak dalam menyederhanakan pecahan?

Jika akan menyederhanakan pecahan yang berbentuk desimal, persen, atau pecahan campuran. Maka kita harus mengubahnya dahulu menjadi pecahan biasa.

Ayo perhatikan mencari pecahan sederhana dari:

1. Pecahan desimal


2. Persen


3. Pecahan campuran


B. Mengurutkan Pecahan

Nah, anak-anak dalam mengurutkan pecahan, hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah PENYEBUTNYA. 

  1. Jika penyebutnya sudah sama, maka pembilang langsung diurutkan dari yang terbesar atau terkecil
  2. Jika penyebutnya belum sama, maka kalian harus menyamakan dahulu penyebutkan dengan menggunakan KPK dari semua penyebutnya. Setelah ketemu KPK dari semua penyebutnya, barulah kalian urutkan pembilangnya.
Contoh

Jika penyebutnya sudah sama

Jika penyebutnya belum sama

Nah, silakan anak-anak pahami dahulu ya. Nanti akan bu guru berikan latihan soalnya.

Kerjakan soal di bawah ini.

A. Carilah pecahan paling sederhana dari pecahan di bawah ini.

  1. 72/128 =
  2.  42/91 =
B. Urutkan pecahan berikut ini dari yang terbesar.

  1. 2/5, 1/2, 3/8
  2. 7/20, 4/5, 1/4
  3. 14/18, 7/18, 9/18
  4. 8/15, 3/4, 4/6

Materi SBdP

Ayo mengamati


Nah, anak-anak...kali ini materi yang akan dipelajari yaitu tentang REKLAME.

Apa itu reklame? Yuk baca teks di bawah ini.


Contoh reklame


Soal:

1. Apa yang dimaksud reklame?

2. Sebutkan macam-macam reklame jika ditinjau dari jenis medianya!

3. Di mana tempat pemasangan reklame dalam ruang?

4. Sebutkan contoh reklame media visual!


Selamat mengerjakan tugas belajarnya ya. Tetaplah bertanggung jawab dan jadi anak yang baik. 😊😊

7 komentar:

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF