Jumat, 20 Oktober 2023

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 


Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh
Salam dan Bahagia Ibu/Bapak Guru Penggerak

Tergerak.....Bergerak.....Menggerakkan!!

    Dunia pendidikan terus berkembang dan semakin maju. Mendidik adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Sebagai seorang guru harus terus belajar meng-upgrade diri untuk bisa mengikuti perubahan dalam dunia pendidikan. Guru selalu belajar dan belajar agar dapat beradaptasi dengan pekembangan zaman karena guru harus mendidik anak/murid sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. 

    Budaya positif adalah perwujudan dari nilai-nilai kebajikan universal atau perwwujudan dari sebuah keyakinan. Budaya positif di sekolah adalah perwujudan atau kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di sekolah dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal. Budaya positif di sekolah dilakukan dengan memiliki tujuan untuk mewujudkan generasi masa depan yang tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila. 

    Pendidikan Guru Penggerak merupakan wadah atau sarana dari pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang diciptakan untuk memfasilitasi para guru di Indonesia untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. Saya merasa sangat bersyukur dapat mengikuti Pendidikan Guru Penggerak angkatan 9.

    Di dalam Pendidikan Guru Penggerak, saya telah belajar sampai pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Pada tahap akhir belajar di setiap modul adalah melakukan aksi nyata. Aksi nyata adalah bentuk penerapan dari materi yang telah dipelajari di setiap modul. Saya telah melakukan aksi nyata modul 1.4. Aksi nyata yang saya lakukan adalah melakukan diseminasi tentang budaya positif. Diseminasi saya lakukan di unit kerja saya yaitu SD Negeri Pelemgede 02 pada Kamis tanggal 19 Oktober 2023.

Berikut video aksi nyata yang telah saya lakukan dan mohon umpan balik dari Ibu/Bapak guru hebat agar saya bisa terus memperbaiki diri dan belajar dari pengalaman. Selamat menyaksikan....


Saya juga telah mengunggah aksi nyata pada laman Guru Berbagi di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Berikut ini linknya.


Terima kasih telah menonton video aksi nyata saya. 
Semoga selalu sehat dan bahagia untuk kita semua. Aamiin Ya Rabbal'aalamiin 

Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh
Salam dan Bahagia Ibu/Bapak Guru Penggerak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF