Senin, 05 Oktober 2020

MATERI KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi anak-anak kelas 6 SD Negeri Pelemgede 02 yang bu guru sayangi. Semoga kalian semua sehat dan tetap semangat untuk belajar.

Sebelum belajar mari kita berdoa terlebih dahulu dan mengisi daftar hadir melalui WAG.

Mari anak-anak kita menyanyikan lagu Indonesia Raya agar kalian selalu cinta dan menghargai Bangsa Indonesia.
Untuk literasi kalian dapat membaca pendalaman materi pembelajaran 4 di LKS. Jika ada waktu luang..sempatkan untuk mempelajari latihan soal pada setiap pembelajaran. Bisa kalian kerjakan pada malam hari untuk belajar.


Bu guru akan memberi materi untuk kalian pelajari, kemudian nanti juga ada latihan soal yang bisa kalian kerjakan. Untuk kalian nanti bisa belajar materi terlebih dahulu agar bisa menjawab latihan soal dengan benar. 

Nah, untuk hari ini materi tema 3 subtema 3 pembelajaran 4. Di dalam pembelajaran ini kalian akan memelajari Bahasa Indonesia, PPKn, dan mapel Matematika.

  • Bahasa Indonesia: Menemukan informasi pada bacaan.
Anak-anak pada pertemuan sebelumnya sudah belajar tentang penemu lampu lalu lintas. Sekarang kalian amati dan baca teks berikut ini, lalu kalian cari kosakata dan kalimat yang tidak baku serta ubahlah ke dalam bentuk yang baku. 



Nah, selain lampu lalu lintas, ada juga yang namanya rambu-rambu lalu lintas. Ayo anak-anak amati gambar rambu lalu lintas berikut ini. 


Berikut ini penjelasannya kalian pahami ya anak-anak.

  1. Rambu STOP adalah perintah yang mewajibkan pengguna jalan untuk berhenti atau larangan untuk berjalan terus.
  2. Segitiga merah terbalik adalah rambu berupa larangan berjalan terus jika mengakibatkan hambatan, rintangan, gangguan lalu lintas bagi mereka dari arah lain yang harus didahulukan.
  3. Tanda silang merah (biasa juga dijumpai dalam warna putih) bermakna larangan berjalan terus, wajib untuk bertenti sejenak mencari kepastian apakah aman atau tidak.
  4. Gambar motor yang disilang artinya bahwa kendaraan bermotor dilarang masuk atau melintas di kawasan tersebut.
  5. Tulisan nama tempat dengan panah tersebut adalah rambu penunjuk arah lokasi CIBITUNG.
  6. Rambu dengan gambar ranjang dan tanda plus tersebut menunjukan keberadaan rumah sakit.
  7. Rambu dengan tulisan DIENG 10 KM merupakan rambu petunjuk yang menerangkan bahwa jarak Dieng dari titik tersebut sebanyak 10 KM.

  • PPKn: Merefleksi hak, kewajiban, dan tanggung jawab di jalan raya.
Anak-anak yang bu guru sayangi, di jalan raya terdapat aturan yang berlaku. Namanya adalah peraturan lalu lintas. Peraturan lalu lintas dibuat untuk menciptakan ketertiban, keselamatan, dan keamanan di jalan raya. Di jalan raya akan terasa aman dan tertib jika semua pengendara memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kewajibannya yaitu menaati peraturan lalu lintas. 
🚌Hak mereka adalah mendapatkan keselamatan di jalan raya. 
🚦 Kewajiban mereka adalah mematuhi peraturan lalu lintas.
🚳 Tanggung jawab mereka adalah menggunakan rambu lalu lintas sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Tugas kalian adalah: kerjakan di buku tugas, lalu kirim fotonya ke WA bu guru.
  1. Tulislah 2 contoh sikap warga yang melaksanakan kewajiban dengan baik di jalan raya.
  2. Tulislah 2 contoh sikap warga yang tidak melaksanakan kewajiban di jalan raya.

  • Matematika
Pada pertemuan sebelumnya kalian telah belajar materi mencari panjang lintasan roda. Rumusnya adalah j = K x n, di mana j (panjang lintasan/jarak), K (keliling), n (banyaknya putaran).

Soal:
  1. Diketahui keliling lingkaran sebuah roda adalah 24 cm. Berapa panjang lintasan roda tersebut setelah menggelinding sebanyak 75 putaran?
  2. Diketahui jari-jari lingkaran sebuah roda adalah 14 cm. Roda tersebut berputar 100 kali. Berapa panjang lintasan roda tersebut?
Selamat belajar.

  • Kerja sama dengan orang tua
Sampaikan kepada orang tuamu tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas!


Alhamdulillah pelajaran hari ini sudah selesai.
Untuk menutup pelajaran hari ini, nyanyikan satu lagu daerah yang kamu bisa.


Sekian dulu materi dan tugas dari bu guru hari ini. Tetap semangat untuk belajar. Kalian anak-anak hebat. Ucapkan hamdallah sebagai rasa syukur atas belajar kalian hari ini.


Selamat belajar anak-anak. 😊😊👍👍📝📝


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Materi ini pertama kali diposting di 
http://aniksudarwati22.blogspot.com/ Anik Sudarwati's Blog. Boleh digunakan dengan mencantumkan alamat blog ini.




Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Sabtu, 03 Oktober 2020

MATERI KELAS 6 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

 


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Selamat pagi anak-anak kelas 6 SD Negeri Pelemgede 02 yang bu guru sayangi. Semoga kalian semua sehat dan tetap semangat untuk belajar.

Sebelum belajar mari kita berdoa terlebih dahulu dan mengisi daftar hadir melalui WAG.

Mari anak-anak kita menyanyikan lagu Indonesia Raya agar kalian selalu cinta dan menghargai Bangsa Indonesia.
Untuk literasi kalian dapat membaca pendalaman materi pembelajaran 3 di LKS. Jika ada waktu luang..sempatkan untuk mempelajari latihan soal pada setiap pembelajaran. Bisa kalian kerjakan pada malam hari untuk belajar.


Bu guru akan memberi materi untuk kalian pelajari, kemudian nanti juga ada latihan soal yang bisa kalian kerjakan. Untuk kalian nanti bisa belajar materi terlebih dahulu agar bisa menjawab latihan soal dengan benar. 

Nah, untuk hari ini materi tema 3 subtema 3 pembelajaran 3. Di dalam pembelajaran ini kalian akan memelajari Bahasa Indonesia, IPA, dan mulok Bahasa Jawa.

  • Bahasa Indonesia
Kalian telah memelajari tentang teks eksplanasi. Coba kita ingat kembali.
Teks eksplanasi yaitu teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi.

Ciri-citi teks eksplanasi:
  1. Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi (dapat berupa kesimpulan atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis).
  2. Informasi yang dibuat berdasarkan fakta atau kenyataan.
  3. Fakta tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah.
Sekarang, ayo membaca teks di bawah ini.


Setelah selesai membaca, kalian teliti kosakata dan kalimat yang tidak efektif dan ubahlah menjadi kosakata dan kalimat yang efektif. Buatlah seperti kolom di bawah ini ya. 


Kemudian anak-anak tulis dari paragraf 1-3 yang merupakan topik masalah, deret penjelas, dan kesimpulan/pesan dari penulis. Buatlah seperti di bawah ini ya.


  • IPA
Gambar yang terdapat pada teks di atas (Bahasa Indonesia) adalah gambar rangkaian listrik campuran, yaitu rangkaian yang terdiri dari gabungan antara rangkaian seri dan paralel. Coba gambarnya kalian amati lagi...di situ ada keterangan kabel biru itu rangkaian paralel, sedangkan kabel merah itu rangkaian seri.


Tugas kalian adalah:
  1. Amati salah satu ruangan di rumahmu.
  2. Amati banyak lampu dan sakelar di ruangan tersebut.
  3. Nyalakan dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang hidup dan mati.
  4. Catatlah hasil pengamatanmu di buku tugas.
  5. Gambarlah rangkaian lampu di ruangan rumahmu sesuai pengamatanmu tadi.
  • Bahasa Jawa
Gawenen crita pengalaman kang nate ko'alami, gawenen dadi 3 paragraf. Tulis wonten buku tugasmu.
Supaya gampang olehe gawe crita, wacanen disik LKS Basa Jawa halaman 39-40.


Alhamdulillah pelajaran hari ini sudah selesai.
Untuk menutup pelajaran hari ini, nyanyikan satu lagu daerah yang kamu bisa.


Sekian dulu materi dan tugas dari bu guru hari ini. Tetap semangat untuk belajar. Kalian anak-anak hebat. Ucapkan hamdallah sebagai rasa syukur atas belajar kalian hari ini.


Selamat belajar anak-anak. 😊😊👍👍📝📝

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Materi ini pertama kali diposting di http://aniksudarwati22.blogspot.com/ Anik Sudarwati's Blog. Boleh digunakan dengan mencantumkan alamat blog ini.


Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF