Jumat, 24 Juli 2020

SRI MELNI: MENULIS SAMBIL TERSENYUM DAN SEMUDAH BICARA



RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-24: Jumat, 24 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Sri Melni
Tema: Berbagi Pengalaman dalam Menulis
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam Bapak/Ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Senang sekali malam ini saya bisa mengikuti Kegiatan Belajar Menulis bareng Omjay dkk, PGRI, serta didukung oleh Penerbit Andi. Seperti biasa setelah selesai mengikuti kegiatan ini, saya akan membagikan hasil ilmu yang saya peroleh. Kegiatan malam ini dibuka oleh Omjay dan dilanjutkan Bu Kanjeng selaku moderator. Narasumber Ibu Sri Melni dari Sumbar. Beliau akan membagi pengalamannya dalam menulis menggunakan aplikasi "Writer Plus".

Bu Melni memperkenalkan diri terlebih dahulu. Beliau adalah Guru TIK SMPN 1 Gunung Talang. Beliau lahir di Nagari Koto Gadang Guguk Solok, 11 Mei 1976. Beliau aktif sebagai penggiat liteasi di Sumbar khusnya Kab.Solok. Selain menjadi guru juga aktif di organisasi Bundo Kanduang dan tim 11 RPJM Nagari.


Aplikasi Writer Plus ini dapat kita unduh melalui playstore. Ketika sudah terunduh dan kita buka aplikasinya, maka akan kita dapatkan tampilan yang seperti di bawah ini.


Nah, setelah kita dapatkan tampilan seperti itu 👆, langkah selanjutnya adalah kita klik tanda + yang ada di dalam lingkaran warna toska letaknya di sudut kanan bawah. Tanda tersebut fungsinya adalah untuk mengarahkan kita menulis di aplikasi writer plus. Selanjutnya akan muncul tampilan dengan kata have something to say dan ada tanda mikrophon di keyboard. Pada tahap ini, biasanya tampilan akan berbeda-beda menyesuaikan HP, karena keyboard pada HP tampilannya tidak sama. Jadi ada yang langsung tampak tombol mikrophonnya, ada yang harus mengaturnya dulu. Seperti HP punya saya, awalnya tampilannya tidak muncul tombol mikrophon.
 kemudian saya atur dengan menekan lama tombol samping koma, akan ada pilihan seperti ini 

lalu saya pilih Indonesia dengan tulisan tangan

seperti di bawah ini hasilnya,

Nah, itu sudah muncul tombol mikrophonnya. Kita tekan lama tombol mikrophon, lalu kita berbicara, nanti otomatis suara kita akan menjadi tulisan. Misalnya saya ucapkan kata selamat malam,

Kemudian kita klik tanda garis tiga, nanti akan berubah jadi titik tiga, di situ ada tulisan share yang bisa kita pilih untuk membagi tulisan kita. Setelah kita klik share, maka muncul pilihan 

Kita bisa membagi tulisan dalam bentuk teks, file, dan juga foto. Berikut ini contoh tulisan saya tadi yang saya kirim ke WA dalam bentuk teks file dan foto.



Dengan aplikasi ini, kita menjadi lebih mudah dalam menulis. Menulis menjadi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus di depan laptop. Karena dengan kita berbicara saja melalui aplikasi itu, kita sudah bisa menghasilkan banyak tulisan. Tulisan itu pun bisa kita pindahkan ke laptop. Artinya menulis sambil tersenyum dan semudah berbicara.

Aplikasi ini sangat mudah penggunaannya, karena ketika kita sedang berpergian dan di situ kita mendapatkan ide, maka kita bisa segera menuliskan ide tersebut tanpa menunggu waktu yang lama.

Materi malam ini sungguh bermanfaat untuk mendukung kita dalam dunia menulis. Semoga ke depan kita bisa mempraktikkannya dan bisa menulis setiap hari. Ketika menulis menjadi semudah berbicara, di situ terasa menyenangkan.

Kesimpulannya:

Menulis mudah seperti berbicara dengan menggunakan aplikasi writer plus untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Keuntungannya kita tidak harus punya waktu tersendiri dalam menulis. Segeralah tulis apa yang ada di pikiran kita.

Terima kasih Ibu Melni atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.

Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng
Blog: http://aniksudarwati22.blogspot.com/


21 komentar:

  1. Ok bagus sekali joss kata Om Jay 😁 ( busri )

    BalasHapus
  2. tetap keren dan resumenya lengkap

    BalasHapus

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF