Senin, 22 Juni 2020

3 HAL MANFAAT DARI KEGIATAN DI GRUP BELAJAR MENULIS


Foto Bapak Agus Sampurno



Malam ini Senin, 22 Juni 2020 saya kembali mengikuti kegiatan diklat online belajar menulis bareng Om Jay dkk, PGRI, serta Penerbit Andi. Ini adalah pertemuan kesepuluh. Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Sampurno dan moderator Ibu Fatimah. 

Materi pada malam hari ini adalah personal branding dan blog. Sebelum masuk ke materi Pak Agus mempersilakan para peserta untuk membuka joinmyquiz terlebih dahulu. Itu digunakan Pak Agus untuk menerawang para peserta bagaimana dalam memainkan quiz itu. Waw..sungguh tak menyangka bakalan ada quiz seperti ini. Saya memilih quiz matematika, di situ saya baru dapat ranking 5. Karena sedikit panik tadi ya..lihat yang lain sudah pada nge-share hasilnya sementara saya belum buka quiznya. Jadi main quiz tadi agak tergesa-gesa. Tapi tak apalah..namanya juga dadakan..bikin kaget hehehe

Dalam pertemuan kali ini, Pak Agus tidak memberikan materi secara tertulis maupun lisan. Beliau memberikan tugas kepada peserta untuk memilih judul yang telah beliau buatkan, kemudian langsung menulisnya di blog dan dipublish dengan ketentuan tulisan antara 150-300 kata. 

Saya memilih judul "3 hal manfaat dari kegiatan di grup belajar menulis". Kenapa saya pilih judul itu? karena yang ada di pikiran dan yang saya lakukan saat ini adalah belajar menulis. Saya mengikuti kelas belajar menulis ini yang dijadwalkan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat pukul 19.00-21.00 WIB. Tetapi setiap hari saya selalu mengikuti perkembangan apa saja yang ada di grup belajar menulis ini. Berikut ini saya sampaikan 3 hal manfaat dari kegiatan di grup belajar menulis.

3 HAL MANFAAT DARI KEGIATAN DI GRUP BELAJAR MENULIS

  1. Menambah ilmu tentang kepenulisan dan blog dari para penulis senior di seluruh Indonesia. Dari kegiatan di grup belajar menulis ini banyak ilmu yang saya dapatkan dari pertemuan pertama hingga saat ini. Mulai dari mempelajari kisah Om Jay sebagai guru blogger Indonesia, trik mengubah PTK menjadi buku, bagaimana cara kita menulis dan menerbitkan buku, mempelajari pengalaman para penulis dalam menerbitkan buku hingga sukses, kisah master guru di Sekolah Guru Indonesia, kisah guru ngeblog di wordpress, kisah blogger muda yang dapat menerbitkan buku dari tulisan di blog, mempelajari cara menulis resume kuliah yang baik, belajar tulisan ragam nonfiksi, hingga malam ini tentang personal branding dan blog. Saya pernah mengenal blog waktu ikut diklat prajabatan, tetapi setelah itu tidak saya rawat blog saya itu. Entah bagaimana nasibnya. Sekarang saya membuat blog yang baru untuk mengikuti kegiatan belajar menulis ini. Belajar menulis di blog memang menyenangkan. Senang ketika apa yang saya tulis dibaca dan banyak pengunjungnya, apalagi ada kenang-kenangan dari pembaca berupa kritik atau saran di kolom komentar, sungguh senangnya hati ini..hehehe 
  2. Menambah wawasan tentang bumi nusantara karena di grup belajar menulis ini pesertanya dari Indonesia Timur hingga Barat. Dari tulisan mereka yang telah dipublish di blog lalu dishare di grup, maka saya bisa membaca dan mengetahui keragaman peserta, entah dari asal daerah mereka, budaya, makanan khas, serta tempat wisata dari masing-masing daerah. Sungguh asyik dan tidak ada ruginya saya ikut belajar di grup ini. 
  3. Menambah tali persaudaraan. Semula saya tidak menyangka bahwa akan bertemu dan bersaudara dengan guru-guru hebat dan para penulis hebat di seluruh Indonesia. Tetapi semua itu bisa terjadi walaupun baru sebatas di dunia maya dan dunia blog. Kebanyakan mereka sudah memiliki pengalaman yang luar biasa banyaknya, sedangkan saya tidak ada apa-apanya. Dari sinilah saya merasa sangat beruntung dapat mengenal mereka. Mereka hebat dan baik hati. Saya berharap dari interaksi dan keakraban kami di grup maupun di blog, suatu ssat bisa bertemu dan berinteraksi langsung di dunia nyata. Betapa senangnya hati saya..

Semoga apa yang saya tulis malam ini bermanfaat. Terima kasih..

Salam literasi
Semangat menulis


Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02
Blog: aniksudarwati22.blogspot.com

25 komentar:

  1. bagus jeng.ayo semangat terusssss

    BalasHapus
  2. Keren https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/06/resumenya-nanti-aja-tulis-saja-dulu.html?m=1

    BalasHapus
  3. Yups, membangun personal branding seperti temanya

    BalasHapus
  4. Masya Allah, keren bu .. memang benar, begitu bersyukur bisa ikutan gabung di group menulis dg om jay ya bu🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu Latif,, ini saya juga merasa jadi sudah akrab sama Bu latif karena sering BW an hehe

      Hapus
  5. Setuju bu..bergabung di grup menulis dipertemukan dengan orang hebat dan meningkatkan motivasi menulis. Mampir ke saya ya bu http://gguruekabageur.blogspot.com/2020/06/5-strategi-mudah-membuat-siswa-pemalu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bu Eka..sangat bermanfaat ikut grup belajar menulis ini

      Hapus
  6. Beneeer bu....tulisanny singkat padat jelas...

    BalasHapus
  7. Akrab... tulisannya mudah dipahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu Yanti..kita jadi salling akrab walaupun belum pernah bertemu

      Hapus
  8. Good job bu,, bener - bener memotivasi sekali.. monggo berkunjung k blog saya y bu https://ikamarice.blogspot.com/2020/06/new-normal-siapa-takut.html

    BalasHapus
  9. Bertemu dan menjalin keakraban melalui grup

    BalasHapus
  10. Mantul mampir. Cakinin.blogspot.com

    BalasHapus

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF