Senin, 22 Juni 2020

RESUME TENTANG PERSONAL BRANDING (BAPAK AGUS SAMPURNO)




RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

 Pertemuan ke-10 : Senin, 22 Juni 2020
 Waktu : Pukul 19.00-21.00 WIB
 Narasumber : Agus Sampurno
 Tema : Personal Branding dan Blog
 Oleh : Anik Sudarwati, S.Pd.

Sebelumnya saya telah mempublish tulisan saya yang sebagian ini di https://aniksudarwati22.blogspot.com/2020/06/3-hal-manfaat-dari-kegiatan-di-grup.html karena sebagai tugas yang harus segera diselesaikan malam ini juga.




Malam ini Senin, 22 Juni 2020 saya kembali mengikuti kegiatan diklat online belajar menulis bareng Om Jay dkk, PGRI, serta Penerbit Andi. Ini adalah pertemuan kesepuluh. Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Sampurno dan moderator Ibu Fatimah. 

Materi pada malam hari ini adalah personal branding dan blog. Sebelum masuk ke materi Pak Agus mempersilakan para peserta untuk membuka joinmyquiz terlebih dahulu. Itu digunakan Pak Agus untuk menerawang para peserta bagaimana dalam memainkan quiz itu. Waw..sungguh tak menyangka bakalan ada quiz seperti ini. Saya memilih quiz matematika, di situ saya baru dapat ranking 5. Karena sedikit panik tadi ya..lihat yang lain sudah pada nge-share hasilnya sementara saya belum buka quiznya. Jadi main quiz tadi agak tergesa-gesa. Tapi tak apalah..namanya juga dadakan..bikin kaget hehehe


Baik saya akan mencoba memaparkan kembali tentang apa yang telah saya pelajari dari kegiatan kuliah malam ini. Dalam pertemuan kali ini, Pak Agus memberikan tugas kepada peserta untuk memilih judul yang telah beliau buatkan, kemudian langsung menulisnya di blog dan dipublish dengan ketentuan tulisan antara 150-300 kata.

Berikut ini tadi judul yang dibuat oleh Pak Agus yang harus kami pilih untuk kami tulis:
  1. 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
  2. 3 cara guru tetap optimis di masa new normal
  3. 3 Salah paham guru mengenai kegiatan penelitian.
  4. 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
  5. 3 resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas

Saya telah memilih judul yang pertama yaitu 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis. Tulisan saya telah saya share di postingan saya sebelumnya. Semua peserta belajar menulis sangat semnagat untuk segera menulis dengan judul yang mereka pilih. Kami sangat antusias untuk menyelesaikan tulisan sebelum berakhir kuliah malam ini.

Pak Agus menjelaskan bahwa dalam menulis, aspek judul harus diutamakan karena judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran. Judul juga bisa membuat kita jadi punya personal branding. Personal branding adalah aspek di mana kita dikenal karena hal yang menjadi fokus kita. Lanjut Pak Agus bahwa dalam hal ini, kita tidak perlu ahli, hal yang penting adalah kita harus ngotot dengan hal yang kita sukai. Terakhir, kita harus membagi tulisan kita kepada pembaca lewat media blog.

Dalam menulis aspek judul mesti diutamakan. 
Judul juga bisa membuat anda punya personal branding. (Agus Sampurno).

Ilmu yang sangat bermanfaat kali ini, kami jadi tau bagaimana agar kita bisa menjadi personal branding dari apa yang kita fokus dan tuliskan.

Akhirnya Pak Agus pun memberikan kesimpulan dari materi pada malam hari ini. Kesimpulannya adalah:
1. Judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran
2. Hal yang penting anda mesti ngotot belajar hal yang anda suka
3. Anda tidak perlu ahli
4. Personal branding adalah aspek dimana anda dikenal karena hal yang menjadi fokus anda
5. Bagilah hasil belajar anda dengan pembaca lewat tulisan anda di blog.
Ingatlah !
Mengapa saya menggunakan kata kata tsb.
Karena secara manusiawi anda akan tertarik dengan kata:
Resep
Manfaat
Baru
Dengan demikian tulisan kita nyata manfaatnya walaupun singkat.

Begitu tadi materi pada malam hari ini. Dalam dunia kepenulisan, kita memang sebaiknya menulis tentang apa yang kita sukai dan kita kuasai. Dengan begitu kita akan ngotot untuk belajar dan menuliskan hal-hal yang kita sukai tadi. Intinya kita harus fokus dalam menuliskan sesuatu agar tulisan kita sampai dan diminati oleh pembaca yang akhirnya kita akan jadi personal branding dari apa yang telah kita tulis tadi.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Mohon kritik dan sarannnya untuk perbaikan tulisan saya. Terima kasih.

Salam literasi
Semangat menulis


Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng
Blog: aniksudarwati22.blogspot.com

15 komentar:

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF