Jumat, 26 Juni 2020

CARA MENDOKUMENTASIKAN KEGIATAN MELALUI BLOG (DEDI DWITAGAMA)



RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

 Pertemuan ke-11 : Rabu, 24 Juni 2020
 Waktu : Pukul 19.00-21.00 WIB
 Narasumber : Dedi Dwitagama
 Tema : Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog
 Oleh : Anik Sudarwati, S.Pd.


Rabu, 24 Juni 2020 saya kembali mengikuti pertemuan kuliah melalui WAG Belajar Menulis bareng Om Jay dkk, PGRI, serta Penerbit Andi. Kali ini Om Jay menghadirkan narasumber yang hebat dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya. Beliau adalah Bapak Dedi Dwitagama. Beliau akan memberikan materi tentang "Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog". 

Saat ini beliau mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta. Informasi lebih lengkapnya tentang beliau dpat disimak melalui blog beliau yaitu http://dedidwitagama.wordpress.com/abaut .



Beliau menulis di blog sejak 2005. Beliau mendokumentasikan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke dan beberapa negara di dunia di http://trainerkita.wordpress.com

Pengertian blog:
Dari Pak Dedi Dwitagama, Blog adalah cacatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia.  Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber tebuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog pertama Pak Dedi tahun 2005 yang masing tayang hingga saat ini adalah http://dwitagama.blogspot.com, kemudian beliau hijrah ke wordpress pada tahun 2007 dengan alamat https://dedidwitagama.worspress.com

Mengapa Pak Dedi hijrah dari blogger ke wordpress?
Begini penjelasan beliau: pada tahun 2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada aplikasinya di android dan iphone. 

Manfaat Blog:

Menurut Pak Dedi, manfaat blog adalah yang utama untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja ynag bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun, seperti keranjang yang beliau titip di dunia maya. Pak Dedi memiliki hobi fotografi dan mendokumentasikannya pada blog khusus yaitu https://fotodedi.wordpress.com

Pak Dedi menulis kapan saja saat ide muncul. Seperti saat menunggu anaknya di tempat parkir sambil mendengarkan musik, beliau menulis lewat HP. Beliau menulis pun tidak perlu diedit, langsung saja ditayangkan. 

Nah, untuk meningkatkan kualitas tulisan kita, maka saran dari Pak Dedi adalah kita harus berusaha untuk sering menulis, karena pengalamn menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan kita, ditambah juga sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding tulisan kita.

Supaya blog kita banyak pengunjungnya, maka kita juga harus sering mengunjungi blog orang lain, memberi komentar, dan membalas komentar di blog kita.

Membalas komentar pengunjung juga dapat memotivasi kita agar tetap semangat untuk menulis.


Kesimpulannya:

Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, mendokumentasikan di blog tentang apa saja yang terlintas, nikmati hasilnya kemudian.


Terima kasih Pak Dedi, Om Jay, dan semua yang terlibat dalam kegiatan belajar menulis ini. Semoga ilmu yang kami dapatkan senantiasa bermanfaat dan dapat kami aplikasikan.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan. Silakan tinggalkan kritik dan saran, karena sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya. 


Salam literasi,

Semangat menulis



Anik Sudarwati, S.Pd

Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng

Blog: https://aniksudarwati22.blogspot.com/

10 komentar:

  1. Bagian kesimpulan di beri warna yang beda, sehingga saya sebagai pembaca bisa selalu mengingat kalimat ini...ini sungguh keren 👍👍
    Terima kasih ibu 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu Norita, semoga semakin semangat menulis..🙂🙂

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih Bu Katmie sudah berkunjung..mana blog ibu?nanti saya ke sana

      Hapus

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF