Senin, 01 Juni 2020

Resume Kuliah Belajar Menulis Gelombang 12 bareng Omjay dkk

Hasil catatan kuliah belajar menulis gelombang 12 melalui whatsapps group yang dipimpin oleh Omjay dkk pada malam ini Senin, 1 Juni 2020 yaitu:

Kita harus semangat dan terus latihan menulis di blog sedikit demi sedikit yang lama-lama kita akan terbiasa untuk menulis. Menulis memang membutuhkan motivasi, semangat yang kuat, dan waktu tersendiri, namun jika dilakukan terus maka tidak akan terasa berat. Bahkan bisa jadi hobi menulis. Menulis diawali dari yang disukai dan dikuasai saja dulu. Karena itu akan memudahkan kita untuk menulis. Misalnya menulis kisah nyata yang kita alami sendiri, atau bisa juga pengalaman dll.

Untuk membuat buku tidaklah mudah, membutuhkan proses yang panjang dan waktunya pun tidak sebentar. Bulanan bahkan bisa tahunan baru jadi sebuah buku. Menerbitkan sebuah buku harus sering berkolaborasi antara penulis, editor, dan penerbit buku. Omjay dapat menulis Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis selama 6 bulan.

Buku menulislah setiap hari adalah buku pertama kali yang omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun omjay tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa mbak abdah khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca.

Penjelasan mengenai penerbit indie dan mayor. Dari penjelasan Om Jay : Penerbit indie itu adalah penerbit buku yang mencetak buku kita dalam jumlah terbatas. Kalau Penerbit mayor dalam jumlah besar. Minimal 5000 buku sekali cetak dan kita harus mampu menjualnya.

Dari situ kita tahu bahwa menulis untuk menjadi sebuah buku butuh proses yang panjang. Namun kita harus tetap menikmati setiap proses agar semua bisa berjalan sesuai rencana.

Pesan dari Om Jay: Omjay ingin menyampaikan kepada kawan kawan guru bahwa kolaborasi itu penting. Keempat buku yang omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerluakn waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yang menulis hanya untuk kenaikan pangkat.

Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja.

Kesimpulan materi malam ini dari Om Jay adalah menulis dan meberbitkan buku butuh kolaborasi. Penulis tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orangg lain yang baik hati seperti editor yg menemukan kesalahan kita dalam menulis. Oleh karena itu nikmati prosesnya dan mulailah menulis di blog. Diminta atau tidak diminta. Blog harus kita isi dengan tulisan yang menarik dan inspiratif. Pasti akan banyak pengunjungnya tanpa kita minta.

Sangat bermanfaat kuliah belajar menulis kali ini, semoga semangat ini akan terus menyala hingga menghasilkan suatu karya yang hebat seperti Om Jay.

Yang akan selalu saya ingat dan semoga bisa saya laksanakan adalah pesan Om Jay "Menulislah setiap hari, dan lihat apa yang terjadi".

Salam semangat belajar menulis.

Pati, 1 Juni 2020.

Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02 Kec. Pucakwangi, Kab. Pati, Prov. Jawa Tengah.

2 komentar:

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF