Rabu, 03 Juni 2020

Semangat Proses Belajar Menulis


Gambar diambil dari https://www.carolinaratri.com/2019/02/latihan-menulis-1.html

BELAJAR MENULIS

Selamat pagi teman-teman blogger dan yang sudah menjadi penulis hebat di seluruh Indonesia. Di sini saya masih belajar sebagai penulis pemula. Saya mencoba memperbaiki salah satu postingan tulisan saya yang sangat sedikit, masih asal nulis, dan belum berani untuk mempostingnya di grup belajar menulis. Pada waktu itu, menulis sedikit dan bisa memposting di blog, senangnya luar biasa. 😍 Padahal tulisan saya hanya seperti ini 👇

Tidak ada komentar satu pun, karena tulisan saya tidak saya bagikan. Tampilannya itu sudah berubah karena sudah saya atur tampilan blognya. Dulu juga belum saya beri label, juga profilnya tidak saya atur. Pokoknya hanya nulis saja pada waktu itu. Tulisan saya yang sedikit itu saya selipkan doa yaitu berharap agar tetap mempunyai semangat untuk terus menulis. Saya berusaha untuk menulis setiap hari, walaupun terkadang tidak melalui blog dan hanya dengan story di WA saja. Yang penting saya nulis, meski hanya sedikit.

Belajar untuk menulis setiap hari di blog adalah pengalaman yang sangat baru bagi saya. Kegiatan belajar menulis bareng Om Jay dkk memang sangat bermanfaat. Dulu sudah pernah membuat blog, namun tidak pernah saya sambangi lagi blog yang dulu itu. Selain belum terbiasa menulis, juga belum paham betul bagaimana cara penggunaan blog. Jadi...sudah membuat blog tapi masih saya biarkan saja dana isinya seingat saya hanya 1 atau 2 postingan saja, itu pun tidak belum ada motivasi nulis, hanya memenuhi tugas saja.

Sekarang semangat menulis di blog mulai kupupuk kembali berkat mengikuti kegiatan belajar menulis bareng Om Jay dkk. Dari tulisan yang telah saya buat, pertama tulisan saya masih asal nulis aja. Tidak memperhatikan keindahan tulisan, bahasa, apalagi tampilan blog. Sudah bisa dibayangkan bagaimana masih asal nulis dan amburadul pada waktu itu tulisan yang lainnya, seperti menulis resume dari kegiatan belajar menulis. Tapi saya biarkan aja dulu, karena itu bisa jadi pengingat saya dalam berproses latihan menulis. Bisa dilihat postingan resume balajar menulis yang saya buat dulu lewat blog saya ini.

Setiap hari saya berusaha dan mulai rajin berkunjung untuk belajar dari blog teman-teman guru hebat. Saya mengamati bagaimana para senior dalam menulis. Dari situ, saya belajar sedikit demi sedikit. mulai dari gaya tulisan, sampai mengatur tampilan di blog. Kenapa itu saya pelajari? Supaya ada kemajuan dalam proses saya belajar menulis, terutama menulis di blog. Selain berkunjung ke blog teman, juga belajar dari narasumber-narasumber hebat yang memberikan materi tentang kepenulisan. 

Saya merasa sangat bahagia dan beruntung bisa mengikuti kelas belajar menulis ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Semuanya sangat bermanfaat. Sekarang juga saya tahu, bahwa tulisan, bahasa, ataupun tampilan di blog sangat penting agar pembaca tertarik membeca tulisan kita. Akhirnya saya berharap, semoga semangat ini terus terjaga dan menghasilkan suatu kebaikan yang bermanfaat. Aamiin...Tetap semangat terus belajar menulis.

Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan belajar menulis ini, semoga sukses, dan diberikan kesehatan lahir dan batin.

Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, dan lihatlah apa yang terjadi...


Pati, 5 Juli 2020
Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02
Blog: https://aniksudarwati22.blogspot.com/

4 komentar:

  1. Syukur Alhamdulillah ada generasi muda semangat menulis.... ayo selamat berkarya..

    BalasHapus
  2. Nggih Bu Aning, mugi saget lancar sukses dados penulis..aamiin

    BalasHapus
  3. Mantab

    https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/07/produktif-menulis-emang-bisa.html

    BalasHapus

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF