Selasa, 04 Agustus 2020

PENILAIAN TEMA 1 PPKn DAN BAHASA INDONESIA



Selamat pagi anak-anak kelas 6 SD Negeri Pelemgede 02 yang bu guru sayangi dan banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar mari anak-anak berdoa terlebih dahulu agar lancar belajarnya.

Anak-anak hari ini Selasa, 4 Agustus 2020 kalian mengerjakan soal penilaian harian tema 1 mapel PPKn dan Bahasa Indonesia. Untuk itu kalian dapat belajar terlebih dahulu supaya mendapatkan nilai yang bagus. 

Soalnya dapat kalian lihat dari link di bawah ini. Silakan kalian klik linknya ya anak-anak. Nanti hasilnya kalian sreenshot dan kirim ke WA bu guru ya nak.
  • Soal PPKn

  • Soal Bahasa Indonesia


Sekian dulu apa yang disampaikan bu guru, semoga anak-anak tetap semangat dalam mengerjakan.




Jadilah anak-anak yang sukses dan tetap patuh pada orang tua serta guru 😊😊😊😊







Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02
Blog: https://aniksudarwati22.blogspot.com/

Senin, 03 Agustus 2020

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 6



Selamat pagi anak-anak kelas 6 SD Negeri Pelemgede 02 yang bu guru sayangi dan banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar mari anak-anak berdoa terlebih dahulu agar lancar belajarnya.

Untuk literasi anak-anak dapat membaca materi tentang membuat kesimpulan.

Hari ini Senin, 3 Aguatus 2020 kita akan belajar tentang Bahasa Indonesia dan PPKn.
  • Bahasa Indonesia
Anak-anak silakan kalian baca teks di bawah ini, lalu kerjakan soal di bawahnya.


Soal:
Buatlah kesimpulan dari teks di atas!

  • PPKn
Anak-anak kalian sudah belajar tentang penerapan nilai-nilai pancasila dari sila kesatu sampai kelima. Sudahkah kalian mempraktikkan penerapan nilai pancasila itu di rumah? Coba anak-anak ceritakan pengalaman kalian dalam menerapkan nilai pancasila di rumah kalian masing-masing! Tulislah di buku tugasmu!

Sekian dulu apa yang disampaikan bu guru, semoga anak-anak tetap semangat dalam mengerjakan.


Jadilah anak-anak yang sukses dan tetap patuh pada orang tua serta guru 😊😊😊😊






Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Sabtu, 01 Agustus 2020

ENCON RAHMAN: KIAT MENULIS BUKU BEST SELLER



RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-27: Jumat, 31 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Encon Rahman
Tema: Cara Menulis Buku Best Seller
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam guru-guru hebat di seluruh Indonesia, semoga selalu sehat dan bahagia. Saya akan membagikan hasil resume dari Kegiatan Belajar Menulis Bareng Om Jay, PGRI, dan Penerbit Andi melalui WAG. Bergabung di grup ini merupakan hal yang membanggakan bagi saya, karena Om Jay selalu menghadirkan narasumber yang hebat dengan berbagai prestasi. Narasumber kali ini adalah Bapak Encon Rahman. Beliau mempunyai hobi berpikir dan menulis, membuahkan prestasi sangat membanggakan. Kebanggaan itu bukan hanya untuk diri dan keluarganya, tapi juga untuk Kabupaten Majalengka, khususnya untuk institusi pendidikan di Kabupaten Majalengka.

Berikut ini saya sampaikan biodata lengkap Bapak Encon Rahman. Silakan klik link di bawah ini untuk melihat dan membaca. 👇


Untuk membaca berbagai prestasi yang pernah Pak Encon raih, dapat dibaca melalui laman di bawah ini.



Materi yang beliau sampaikan pada malam hari ini adalah tentang 6 kiat menulis buku best seller. Sebelum ke inti materi
  • Tujuan Menulis Buku:
  1. Untuk mengembangkan budaya literasi dan koleksi pribadi. Biasanya berbentuk buku keroyokan. (Penulis level 1)
  2. Untuk kenaikan tingkat biasanya untuk pengembangan publikasi ilmiah. (Penulis level 2)
  3. Untuk mencari uang/finansial. Penulisnya ini bisa dikatakan penulis tingkat tinggi, karena karyanya bisa dinikmati dan bermanfaat bagi banyak orang. Kita harus mempelajari juga bagaimana cara memasarkan buku.(Penulis level 3)

Pak Encon menjelaskan pada kami bahwa jenis buku yang dapat dijadikan untuk kenaikan pangkat yaitu sebagai berikut.
  1. Karya bersama atau antologi
  2. PTK dan best practise
  3. Tulisan ilmiah populer ( artikel)
  4. Tulisan hasil penelitian
  5. Buku teks pelajaran
  6. Buku pengayaan
  7. Buku pedoman guru
  8. Modul/ diklat pelajaran
  9. Buku bidang pendidikan
  10. Karya terjemahan
  • Karya bersama: Buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh 4 orang penulis. Nilai angka kredit penulis utama: 40%, dan penulis pembantu 1,2,3: 20%
  • PTK dan Best Practise: Publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Dimuat di jurnal yang berISBN nilai AK 4. Kalau di jurnal ilmiah terakreditasi nilai AK 3.
  • Artikel populer: Tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa seperti koran dan majalah yang menyangkut bidang pendidikan. Angka kredit artikel: tingkat nasional: 2, seperti Kompas. Tingkat provinsi: 1,5, Seperti Radar, tribun.
  • Buku Teks Pelajaran: Buku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu yang diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai pegangan mengajar guru baik sebagai buku utama maupun pelengkap. 
Angka kredit buku teks pelajaran lolos BSNP: 6.
Dicetak penerbit berISBN: 3.
Dicetak penerbit tidak berISBN: 1.
  • Buku Pengayaan: Buku pendalaman materi. AK nilainya 1,5.
  • Buku Pedoman Guru: Buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru yang terdiri dari: a. rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik, b. rencana pengembangan profesi guru sebagai guru pembelajar. AK nilainya 1,5.
  • Modul: Materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Sedangkan Diklat: Catatan tertulis suatu pelajaran atau bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar.
Angka kreditnya:
a. modul yang digunakan tingkat provinsi: 1,5
b. modul digunakan tingkat kabupaten/kota: 1
c. modul yang digunakan di sekolah: 0,5
  • Buku dalam bidang pendidikan: Buku yang berisi pengetahuan yang terkait dengan bidang kependidikan. Buku ini harus bermanfaat bagi guru dan siswa.
Angka kreditnya:
a. dicetak penerbit berISBN: 3
b. dicetak penerbit yang belum berISBN: 1,5
  • Buku terjemahan: Karya tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke bahasa Indonesia atau sebaliknya yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Angka kreditnya: 1
Apa itu Buku Best Seller?
Buku Best Seller adalah: Buku yang laris manis dalam waktu jangka pendek sejak diterbitkan. Kriterianya adalah laku terjual 30-50 ribu pertahun serentak di seluruh toko buku. Nah, berikut ini tips menulis buku best seller.

Kiat Menulis Buku Best Seller menurut Pak Encon:
  1. Menulis buku 2 jam setiap hari lebih baik daripada sepuluh jam dalam dua hari.
  2. Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan saat menulis buku yang sejenis. Seperti buku penunjang, bisa juga kliping untuk menambah wawasan kita sehingga kualitas tulisan kita semakin baik.
  3. Menulis buku lebih baik di sepertiga malam atau antara pukul 03.00 s.d 06.00 pagi.
  4. Menulis buku harus seizin suami atau istri
  5. Sebelum menulis buku dianjurkan kita punya wudlu agar tulisan kita mempunyai ruh.
  6. Menulis resume karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang kita tulis.
Perbedaan antara resume dan ikhtisar menurut Pak Encon:
Resume: Menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan mengambil bagian pokoknya. Dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat pribadi. Resume yang menarik adalah resume yang tulisannya, sistematikanya bagus.
Ikhtisar: Menulis ringkasan dengan cara menuliskan bagian pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri.

Langkah menulis resume yang baik:
  1. membaca buku
  2. menemukan gagasan pokok
  3. menuliskan kembali gagasan pokok secara berurutan
  4. menuliskan resume yang padat dan singkat
  5. mempublikasikan resume, bisa di blog atau media sosial lain seperti facebook.
Di dalam proses pembuatan buku, ada 2 jenis penulis buku.
  1. Penulis pemula yaitu penulis yang betul-betul tidak tahu bagaimana langkah menulis buku
  2. Penulis mahir yaitu penulis yang sudah mahir dan memahami proses dan tahapan menulis buku.

Akhirnya Pak Encon memberikan pesan kepada peserta bahwa:
Jangan takut salah dalam menulis, tetapi takutlah jika tidak bisa memperbaiki kesalahan. Lakukan saja dan lebih baik lagi jika menulis ada mentornya.
Yakini bahwa tujuan kita menulis untuk mencari ridho Allah SWT bukan hanya sekedar finansial dan angka kredit.

Dan satu lagi dari Pak Encon Rahman
Ala bisa karena biasa, Ala bisa karena dipaksa


Terima kasih Pak Encon atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.

Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...


 

Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5


Sumber: id.wikipedia.org


Selamat malam anak-anak kelas 6 SD Negeri Pelemgede 02 yang bu guru sayangi dan banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar mari anak-anak berdoa terlebih dahulu agar lancar belajarnya.

Untuk literasi anak-anak boleh membaca materi sebelumnya tentang kondisi politik negara ASEAN.

Hari ini Sabtu, 1 Agustus 2020 kita akan belajar IPS, SBdP, dan Matematika. 
  • IPS
Pada pembelajaran 1 subtema 3 anak-anak sudak belajar tentang bagaimana kondisi politik di negara ASEAN, nah sekarang bu guru ingin tahu seberapa paham kalian tentang materi itu. 

Tugas anak-anak adalah tulislah soal dan jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sungguh-sungguh ya anak-anak, agar mendapat nilai yang memuaskan. Berikut ini soalnya.

TULISLAH 10 NEGARA ANGGOTA ASEAN KEMUDIAN SEBUTKAN NAMA IBU KOTA, BAHASA, BENTUK PEMERINTAHAN, SERTA MATA UANG DARI 10 NEGARA TERSEBUT! AKAN LEBIH BAIK JIKA KALIAN TULIS DALAM KOLOM SUPAYA LEBIH RAPI.

  • SBdP
Untuk SBdp, tugas kalian adalah meneruskan proyek membuat patung bentuk jewan yang telah kalian buat, yaitu warnailah patung yang telah kalian buat tersebut!

  • MATEMATIKA
Kerjakan soal di bawah ini dengan benar dan teliti ya anak-anak. Tulis di buku tugas kalian.
Bu guru beri contohnya:
1. (-24) x 20 - n = 200
    (-480) - n       = 200
     - n       = 200 + 480
     - n       = 680
                 n       = - 680

Ingat ya anak-anak, jika bilangan negatif, pindah tempat yang semula di kiri tanda sama dengan, kemuadian berpindah di sebelah kanannya, maka tandanya berubah menjadi positif. Untuk mengerjakan selalu gunakan aturan dalam mengerjakan operasi bilangan campuran. 
 



Sekian dulu apa yang disampaikan bu guru, semoga anak-anak tetap semangat dalam mengerjakan.

Jadilah anak-anak yang sukses dan tetap patuh pada orang tua serta guru 😊😊😊😊



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Kamis, 30 Juli 2020

Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH: Motivasi dari Guru Berprestasi NTT


RESUME BELAJAR MENULIS GELOMBANG 12

Pertemuan ke-26: Rabu, 29 Juli 2020
Waktu: Pukul 19.00-21.00 WIB
Narasumber: Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH.
Tema: Motivasi Berprestasi
Oleh: Anik Sudarwati, S.Pd.

Selamat malam guru hebat di seluruh Indonesia, semoga selalu sehat dan bahagia. Saya akan membagikan hasil resume saya dari Kegiatan Belajar Menulis Bareng Om Jay, PGRI, dan Penerbit Andi melalui WAG. Bergabung di grup ini merupakan hal yang membanggakan bagi saya, karena  Om Jay selalu menghadirkan narasumber yang hebat dengan berbagai prestasi. Sehingga saya dan semua peserta mendapatkan ilmu yang sangat barharga dan bermanfaat.

Profil Ibu Lilis
Narasumber Ibu Lilis adalah salah satu dari banyak guru berprestasi di Indonesia. Beliau berasal dari Kupang, NTT. Beliau adalah penulis Buku Best Seller dengan judul Guru Adalah Inspirasi. Berikut ini saya sampaikan biodata Ibu Lilis.


Guru Inspirasi
Ibu Lilis merupakan guru yang berprestasi. Ibu Lilis selain mengajar dan menulis buku, beliau sekarang tengah belajar menjadi editor buku. Beliau menjadi instruktur di Provinsi NTT untuk mata pelajaran PPKn jenjang SMP. Beliau juga sebagai narasumber Literasi di daerah perbatasan. Medan kerja beliau sebagai instruktur sangat sulit, karena kondisi jalan yang belum bagus. Apalagi saat hujan turun, melewati tengah hutan sendirian. Beliau pun pernah terjatuh di tengah perjalanan. Hingga beliau mendapat julukan DPR jalanan. Namun, semua itu tidak membuat semangat Ibu Lilis kendur, malah seperti Otot Kawat Balung Wesi kalau orang Jawa bilang. Waw, sungguh hebat Ibu Lilis.

Berkat menulis buku, Ibu Lilis dapat menjadi Instruktrur, Narasumber, atau yang lainnya yang berhubungan dengan mendidik para guru. Untuk menjadi semua itu memang harus mengikuti Diklat terlebih dahulu. Tetapi Ibu Lilis saat menjadi Narasumber Literasi Daerah Perbatasan, beliau tidak Diklat terlebih dahulu. Beliau diminta menjadi Narasumber karena beliau adalah penulis buku.

Ibu Lilis memang hebat, bagaimana tidak? Beliau melakukan perjalanan sebagai narasumber di daerah perbatasan kadang harus ikut truk proyek. Itu beliau lakukan agar tidak terlambat untuk mengajar para guru di daerah perbatasan.

Ibu Lilis selalu bersyukur dan menikmati segala anugerah yang Allah berikan pada beliau, entah dalam keadaan apapun. Rasa syukur itu beliau ukir dalam goresan pena. Karena menurut Ibu Lilis bahwa goresan pena itulah yang akan membekas pada sanubari dan menjadi sejarah indah bagi generasi kita. 

Ibu Lilis seorang yang suka berbagi. Beliau membagikan materi PPT saat menjadi Narasumber Literasi  sampai keliling NTT pada semua peserta belajar menulis. Lalu bagaimana Ibu Lilis memotivasi para guru di perbatasan? Beliau  memotivasi mereka dengan memberi gambaran bahwa menulis  itu mudah. Lalu beliau membantu mencarikan penerbit yang murah biayanya yang dapat dijangkau oleh guru-guru di perbatasan.

Motivasi Menulis
Motivasi Ibu Lilis sampai menjadi penulis yang handal adalah beliau ingin hidup yang tak pernah mati, maksudnya yaitu dengan menulis, maka saat kita sudah meninggal pun masih mempunyai rekam jejak berupa tulisan. Ibu lilis membagikan pada kami tentang tips menulis. 
  • menulislah dengan penuh rasa percaya diri
  • setelah nulis jangan langsung direvisi
  • lanjut nulis lagi, nulis sampai dapat banyak tulisan
  • setelah itu dinginkan pikiran
  • keesokan harinya kita bisa lanjutkan membaca dan merevsi tulisan dengan hati
  • karena tulisan yang ditulis dengan hati, akan sampai ke hati pembaca
Buku-buku yang beliau tulis pun sudah terjual sampai di banyak negara di dunia. Seperti Denmark, Cina, Malaysia, Songapore, Thailand dan berbagai kab/kota di Indonesia (Papua, Kalimantan, Sumatra, Aceh, Jogja, Solo, Sorabaya, Jakarta, Bandung, Ambon, Ternate).

Ibu Lilis benar-benar menginspirasi kita semua. Karena prestasi dan hebatnya beliau dalam berkarya. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari materi ini. Dan ke depan kita bisa menulis dengan mudah.

Kesimpulan:

Menulis semudah ceplok telur. Menulis adalah luapan dari rasa cinta yang tak sampai. Maka menulislah agar cinta kita dapat tersampaikan melalui tulisan.



Terima kasih Ibu Lilis atas ilmu yang sangat bermanfaat ini, Omjay, dan semua yang telah mendukung kegiatan belajar menulis.

Demikian resume yang dapat saya sampaikan, kritik dan saran dari pembaca sangat saya butuhkan untuk perbaikan tulisan saya ini.

Salam literasi, semangat menulis, menulis dengan hati, lihatlah apa yang terjadi...



Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru SDN Pelemgede 02, Pati-Jateng

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4



Semangat pagi anak-anak yang bu guru banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar, silakan kalian berdoa terlebih dahulu.

Untuk literasi anak-anak silakan membaca materi aturan dalam operasi hitung campuran.

Hari ini Kamis, 30 Juli 2020 pada pembelajaran ini kita akan belajar PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika.
  • Matematika
Pada materi sebelumnya kalian telah belajar tentang aturan-aturan operasi hitung campuran. Nah, sekarang coba kalian kerjakan latihan soal di bawah ini ya anak-anak pintar. Inni bu guru ingatkan lagi materinya. Setelah itu kerjakan soalnya ya anak-anak.


Soal dan jawaban kalian tulis di buku tugas ya nak.


  • PPKn
Anak-anak setelah belajar Matematika, kalian membaca materi di bawah ini ya nak. (DIBACA SAJA)


  • Bahasa Indonesia
Anak-anak mempelajari kembali materi tentang ide pokok dan membuat kesimpulan dari teks yangdibaca.



Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.


Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊





Anik Sudarwati, S.Pd.
Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

Rabu, 29 Juli 2020

MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3


Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Sumber: aladokter.com


Selamat pagi anak-anak yang bu guru banggakan, semoga kalian selalu sehat dan bahagia. Sebelum belajar, silakan kalian berdoa terlebih dahulu.


Untuk literasi kalian dapat membaca tentang manfaat tumbuhan dan hewan bagi makhluk hidup.

Anak-anak yang bu guru sayangi, yuk kita mulai belajar. Hari ini Rabu, 29 Juli 2020 bu guru akan memberikan materi tematik dalam pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, dan tambahan mupel Bahasa Jawa.
  • IPA
Coba kalian ingat, kalian telah belajar tentang pentingnya melestarikan hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan perlu dilestarikan agar tidak punah. Apa yang telah kalian lakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan? Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan adalah dengan MEMBUAT POSTER TENTANG PELESTARIAN HEWAN DAN TUMBUHAN. 

POSTER merupakan karya seni dengan komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar serta berisi pesan-pesan tertentu. Poster menggunakan bahasa yang mudah dipahami, tulisannya singkat dan jelas. Tujuannya untuk menghimbau, mengajak, membujuk masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Contoh Poster

Sumber: gramho.com

Sumber: koleksigambarposter.blogspot.com

Sumber: mikirbae.com

Tugas kalian: buatlah poster tentang pelestarian hewan dan tumbuhan langka. Boleh ambil salah satu dari contoh di atas, atau kalian buat sendiri juga boleh.
  • Bahasa Indonesia
Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang sangat besar pengaruhnya bagi kelangsungan ekosistem dunia. Ketika ilmu pengetahuan sudah sangat maju dan berkembang peranan tumbuhan tetap tidak tergantikan. Ilmu pengetahuan tentang tumbuhan tetap pesat berkembang sehingga banyak bagian tubuh tumbuhan yang dipelajari dan dimanfaatkan oleh para ilmuwan untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat. Sayangnya kini jumlah tumbuhan (hutan) sudah mulai berkurang. Akibatnya berbagai dampak kehidupan sosial ekonomi hingga perubahan iklim yang berdampak pada pemanasan global (Global Warming) yang diakibatkan berkurangnya jumlah tumbuhan di alam.

Keberadaan tumbuhan dalam mendukung segala aspek kehidupan manusia, hewan dan lingkungan hidup sangat ditentukan pada tinggi rendahnya kesadaran manusia akan arti penting tumbuhan di dalam pemanfaatan dan pengelolaannya. Pemanfaatan tumbuhan apabila dilakukan sesuai dengan fungsinya, seperti adanya fungsi lindung, fungsi suaka, fungsi produksi, fungsi wisata dengan ukungan kemampuan pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, akan sesuai dengan hasil yang ingin dicapai. Sayangnya, karena keserakahan manusia, keberadaan tumbuhan kini berkurang. Populasi tumbuhan di bumi sudah sangat sedikit.

Tumbuhan tidak saja berfungsi sebagai sumber makanan, namun tumbuhan juga bermanfaat bagi lingkungan. Betapa tumbuhan sangat besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman tercipta dengan adanya berbagai tumbuhan penjaga lingkungan di sekitar kita. Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup lainya antara lain sebagai berikut.




Tugas kalian adalah:

Buatlah kesimpulan dari teks di atas yang telah kalian baca. Cara membuat kesimpulan jika pada teks itu ada 3 paragraf, berarti kesimpulan harus mencakup 3 paragraf tersebut. 


  • Bahasa Jawa
Anak-anak untuk Bahasa Jawa kalian baca materi minggu kemarin. Agar lebih paham.
yang lupa link nya ini bu guru berikan lagi. (hanya dibaca dan tidak usah ditulis)
Upacara Tingkeban

Selamat belajar ya anak-anak, semoga kalian sukses dalam menggapai cita-cita.


Tetap patuh terhadap orangtua dan guru di sekolah. 😊😊😊




Anik Sudarwati, S.Pd.

Guru Kelas 6
SD Negeri Pelemgede 02

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF